Jumat, 07 Juli 2017

Salak pondoh Baratan Pakem Sleman

Pakem merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Sleman yang berada di kawasan lereng Gunung Merapi. Kawasan dengan wisata Kaliuran. Kawasan dengan udaranya yang masih saja adem walau siang hari. Kawasan sejuk dengan banyaknya pepohonan. Kawasan yang berada di sebelah utara dari ibukota Kabupaten Sleman. Kawasan dimana masih ada beberapa lahan yang ditanami buah salak. Khususnya di daerah dusun Baratan Candibinangun Pakem Sleman. 


Salak seperti yang dilansir dalam wikipedia merupakan Palma berbentuk perdu atau hampir tidak berbatang , berduri banyak, melata dan beranak banyak, tumbuh menjadi rumpun yang rapat dan kuat. Batang menjalar di bawah atau di atas tanah, membentuk rimpang, sering bercabang, diameter 10-15 cm. Daun majemuk menyirip, panjang 3-7 m; tangkai daun, pelepah dan anak daun berduri panjang, tipis dan banyak, warna duri kelabu sampai kehitaman. Anak daun berbentuk lanset dengan ujung meruncing, berukuran sampai 8 x 85 cm, sisi bawah keputihan oleh lapisan lilin.




salak pondoh baratan pakem sleman



Pagi hari di dusun Baratan Pakem Sleman, aku bersama suami dan mertua berada di kebun salak yang berlokasi tak jauh dari rumah. Jadwal kami pagi itu untuk memetik buah salak. Yeeeeah.. pengalaman menyenangkan setelah menjadi seorang istri dan menantu dari keluarga petani salak.heheee 

Momen itupun ku abadikan menjadi foto-foto yang akan menjadi kenangan kelak.. nih loh.. ke "ndesoan" ku ..hahaa


ibu mertua memasukkan salak ke dalam tenggok

Pohon salak itu banyak durinya, jadiii harus hati-hati ketika memetiknya. Apalagi kalau ingin buah salaknya utuh satu dompol.. dompol bahasa indonesianya apa ya? satu kumpulan gitulah..


pose serius

pose sok cool

pose cuek

pose pencitraan?

pose apa bang?
Di kebun ada pelajaran tambahan yang diajarkan oleh mertua mengenai cara melakukan penyerbukan bunga jantan ke bunga betina nya. Caranya dengan menaburkan bunga jantan yang sudah dirontokkan dari batangnya kemudian dikeringkan terlebih dahulu ke atas bunga betina yang sudah siap dibuahi. 


Setelah bunga jantan ditaburkan ke atas bunga betina, jangan lupa untuk ditutupi daun atau penutup yang lain. Hal itu untuk antisipasi jika hujan misalnya agar bunga jantannya gak jatuh. 

Cek this video!



Makan buah salak yang dipetik sendiri dan langsung dimakan ditempatnya menambah citarasa salak pondoh yang aslinya udah manis tambah maniiiiis dan nambah seger gimana gitu. Cobain deh, ayo kesini!




sumber :wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar