Senin, 25 Januari 2016

Review Film Thailand "Senior" (Runpee)

Baru-baru ini aku nonton film Thailand, tepatnya tanggal 17 Januari 2016 judulnya adalah Suw /Runpee (Senior). Awalnya gak kepikiran sama sekali kalau mau nonton Thailand, apalagi yang horror. Entahlah, mungkin takdir :)                                              
                                                 review-senior-2016-4




Film ini bercerita tentang sepasang detektif dari dua dimensi yang berbeda bersatu untuk memecahkan sebuah kasus pembunuhan yang terjadi setengah abad lalu. 

Adhiti atau dipangggil MON (Ploychompoo Jannine Weigel) 

Mon, seorang murid baru di sebuah boarding school Katolik khusus wanita. Ia memiliki sifat penyendiri dan agak aneh, karena ia terlihat berbicara sendiri atau dapat diartikan ngobrol dan marah –marah tanpa sebab. Hal ini membuat ia dijauhi murid lain. Namun, ada satu murid bernama Ant (Kaykai Nutticha Namwong), gadis kaya berparas cantik yang digosipkan sering tidur dengan banyak laki-laki, dan ia pun senasib dengan Mon, dijauhi murid lain. Ant berusaha mengakrabkan diri dengan Mon.

review-senior-2016-1
Mon dengan indera penciumannya ketika merasakan kehadiran hantu

review-senior-2016-3


Seperti manusia normal, Mon tidak bisa melihat penampakan makhluk halus. Tapi ia memiliki kepekaan di indera penciumannya. Setiap ada makhluk halus yang mendekat, Mon mampu mencium aroma yang khas dari “hantu”. Banyak hal yang bisa diartikan dari setiap aroma yang muncul, aroma yang mengaitkan tentang kejadian meninggalnya seseorang, wewangian yang disukai oleh hantu sewaktu masih hidup ataupun wewangian yang menyiratkan kesedihan dari hantu sewaktu masih hidup.Oleh karena kemampuannya ini, roh orang yang sudah mati sering meminta bantuan kepada Mon untuk menyelesaikan urusan mereka di dunia dan salah satunya adalah hantu seorang murid laki-laki yang biasa di sebut “Senior” 

Senior (Phongsakon Tosuwan)

Senior adalah murid sekolah itu, karena dulunya sekolah tempat Mon merupakan sekolah bisnis pria. Ia memberitahu Mon bahwa ada kasus pembunuhan yang belum terselesaikan di jaman dulu, sehingga sekolah itu akan terus dihantui hantu tukang kebun yang divonis hukuman mati atas perbuatan yang tidak dilakukannya.

Ketika Mon merasakan kehadiran" Senior"

Mon dan Senior memulai penyelidikan untuk mencari pembunuh yang sesungguhnya. Mereka mengumpulkan bukti dan mencari saksi, dan dalam proses tersebut, mereka bertemu banyak roh yang menaruh dendam dan berusaha untuk menghentikan mereka menemukan kebenarannya. 

Banyak hal tragis yang terjadi selam Mon dan Senior melakukan penyelidikan namun hal itu malah membuat hubungan mereka makin dekat padahal awalnya Mon merasa terganggu dengan keberadaaan Senior.

Apakah mereka bisa memecahkan misteri sekolah tersebut? Siapakah senior itu dan apa penyebab dari kematian senior karena ia sendiri masih bergentayangan? Bagaimana semua itu berhubungan? Dan apa yang akan terjadi dengan teman-teman Mon dan sekolah dengan banyaknya hantu yang gentayangan? Aku rekomendasikan untuk nonton sendiri, lebih seru pastinya.

                             
                             Image result for senior film thailand

Review

Aku suka acting dari Janine Weigel yang mampu membawakan karakter Mon dengan sangat baik, Mon dengan karakter kuat, tidak cengeng namun tetaplah anggun. Pas juga dipasangkan dengan Phonsakon Tosuwan yang ganteng. Duhh.

Dalam film ini diceritakan ada 4 kejadian yang saling berhubungan satu sama lain, sangat tidak mudah menebak mau seperti apa akhirnya, dan ternyata membuat kita sedikit terkecoh sama klue yang diperlihatkan. Film ini benar-benar memberikan sensasi horror, selain itu juga ada romansa pertemanan dan percintaaan yang mungkin bisa membuat penonton sedikit tersipu.

Film ini menarik dan gak bikin nyesel setelah nonton.Namun sayang, ternyata sepi peminat jadi kurang greget aja ketika nonton. Tapi malah bagus, berasa nyewa bioskop kok, hebat kan.


Overall : 7/10


5 komentar:

  1. oh ini... udah pernah liat trailernya. ini jatuhnya lebih ke horror romance sedikit comedy. mungkin semellow i miss you (2012). tapi dugaan gue eksekusinya bakal lebih mirip sama film horror comedy korea yang judulnya spellbound

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupp bener banget.. waduh aku belum liat yg i miss you dan spellbound, coba ntar dicari dan ditonton deh.

      Hapus
  2. Baru banget aku nonton film ini sekarang hahaha telat bangeett. Jujur aja, alurnya susah ditebak gak kayak film lainnya. Awalnya sih aku malah berharap yang pure horor (gak terlalu suka komedi atau romance), tapi lumayan lah gak bikin bosan film ini. Jarang-jarang aku mau anteng nonton film yang lumayan kental romancenya hahahaha. Btw, nice review!

    BalasHapus
  3. berasa nyewa bioskop.. haha bener juga

    BalasHapus