Rabu, 01 Januari 2014

Persamaan Akuntansi

Logika Persamaan Akuntansi

Pada awal mempelajari akuntansi, pastilah diajarkan mengenai persamaan dasar akuntansi (PDA)  lebih dulu. Apa sih PDA itu? Dan bagaimana logika persamaan akuntansi itu? Inilah awalan bagi pemula agar dapat  memahami  akuntansi.

Akuntansi mendasarkan diri pada Persamaan Dasar Akuntansi (PDA), yaitu :

                                          AKTIVA = PASIVA

                                    ASET = UTANG + EKUITAS

Sisi kiri persamaan mencerminkan penggunaaan dana = sisi kanan mencerminkan pemerolehan dana

Keseimbangan antara sisi kiri dan sisi kanan persamaan akuntansi ini harus selalu dijaga yang merupakan konsekuensi  dari pilar matematika di akuntansi. Persamaan akuntansi tersebut rasional karena semua dana yang diperoleh harus dipertanggungjawabkan penggunaannya.

Jika total nilai asset lebih besar dibanding total penjumlaha utang dan ekuitas maka dapat dipastikan telah terjadi kesalahan karena terdapat  asset yang tidak dapat dijelaskan dari mana sumber pendanaanya. Demikian sebaliknya, jika total nilai asset lebih kecil dibanding total penjumlahan utang dan ekuitas maka dapat dipastikan telah terjadi kesalahan karena terdapat dana yang belum dipertanggungjawabkan penggunaannya.

Rasionalitas PDA juga dapat dilihat dari perspektif kepemilikan (hak)  atas asset, yaitu bahwa asset perusahaan merupakan hak kreditor dan/atau hak pemilik yang sering juga disebut hak residual. Secara matematika, pendefinisan ekuitas sebagai hak residual dimaksudkan agar keseimbangan sisi kiri dan sisi kanan persamaan selalu terjaga.

Sumber : Warsono, Sony, Arif Darmawan dan M. Arsyadi Ridha. 2009. Akuntansi itu Ternyata Logis dan Mudah. Asgard Chapter Yogyakarta.



0 komentar:

Posting Komentar