Rabu, 08 Juni 2016

Marhaban Ya Ramadhan 1437 H

Alhamdulillah seneng banget ketika bisa menjumpai bulan Ramadhan lagi. Marhaban Yaa Ramadhan. Bagaimana tidak, langsung kebayang gimana semaraknya saat pagi-pagi jam satu atau dua pagi dengerin remaja putra yang gugah-gugah sahur dengan  glotekan ala kadarnya, di bulan lain mana ada? Trus  masjid jadi bener-bener hidup bahkan nonstop mesti rame.

Persiapan menuju bulan yang berkah inipun juga bener-bener dipersiapkan sekitar 1,5 bulan yang lalu. Sekitar akhir bulan April udah gencar adanya rapat persiapan ramadhan mulai dari pembentukan panitia ramadhan. Biasanya yang mulai nyuri start duluan itu bidang dakwah yang punya salah satu tugas membuat jadwal penceramah subuh dan tarawih, harus cepet-cepet nyari da'i yang ngisi. Sie kegiatan pun tak mau kalah, harus segera mencari konsep Ramadhan atau tema yang akan diusung. Untuk tahun ini dengan tema "Bulan berkah mari berjamaah".
Gotong royong persiapan ramadhan
Kegiatan Ramadhan ini diawali di tanggal 5 Juni 2016 dengan Tarhib Ramadhan, pawai keliling dusun yang dilakukan anak-anak TPA yang didampingi Remaja Masjid Baiturrahman (RMB-red), nama remas di dusunku. Di Tarhib ini anak-anak pawai sambil menyanyikan shalawat dengan membawa bendera bertulisan Allah, Muhammad, dan aneka sambut ramadhan. RMB bertugas mendampingi sambil membagikan jadwal imsyakiyah dan ngiringin musik.

Add caption
Tarhib Ramadhan

yang buat siapa? *eh

Di malam harinya, perdana dilakukannya shalat tarawih di bulan ini. Sebelum tarawih ada semacam tradisi saling maaf-memaafkan antar sesama jamaah dengan saling menjabat tangan (putra-putri terpisah tentunya) dan dibacakan ikrar oleh Ro'is yang ditirukan para jamaah.

Semaraknya ramadhan juga dapat dilihat saat selesainya tarawih, jamaah dengan semangat dalam mendengungkan ayat-ayat suci Al-Quran.

 tadarus yang dilakukan ibu-ibu dan RMB, bapak-bapak belum ke foto :(
foto diambil 7 Juni 2016
Karena Ramadhan baru berjalan 2 hari,dan masih banyak agenda yang lain yang sudah direncanakan. Harus semanggaaat!  Ini baru agenda yang disusun panitia internal, belum dari undangan dari masjid-masjid lain atau acara lain seperti Festival Anak Sholeh sekelurahan, ujian hafalan santri ke Rumah Tahfidz, Khataman Qur'an sewilayah KPPS, dan lomba Takbir Keliling.



0 komentar:

Posting Komentar