Kamis, 13 Januari 2022
1. Membaca surat Al-Fatihah, doa mau belajar beserta arti.
2. Tadabbur QS. An-Nahl : 18dan HR.Muslim 2734 tentang makanan
3. Anak bercermin melihat lidah, membuka worksheet gambar lidah dan membaca buku Ensiklopedia Anak Hebat berjudul Tubuh kita penerbit BIP Gramedia.
4. Mencicip aneka rasa ,garam, gula, merica bubuk, kopi, kunyit bubuk , perasan jeruk nipis, saos dan kecap.
5. Menyebutkan rasa setiap bahan tadi.
6. Menggambar lidah dan tracing kata "lidah"
7. Doa setelah belajar, istighfar dan tahmid.
8. Merasakan rasa makanan, nasi, tahu goreng, telur goreng, dan buah naga. Mensyukuri nikmat atas makanan.
Ketika melihat gambar ada bagian-bagian lidah mengecap rasa manis, asin, asam, dan pahit.. trus gimana dengan rasa pedas?
Ternyata ada jawaban di buku Ensiklopedia Anak Hebat Tubuh Kita penerbit BIP Gramedia ini..
Trus dapat tambahan dari walas grup Syajarah
Lidah merupakan indera pengecap yang menerima rangsagan dalam bentuk kimiawi sehingga lidah disebut juga sebagai kemoreseptor. Lokasi-lokasi pada lidah dapat merespons rasa yang berbeda, misalnya bagian ujung lidah peka terhadap rasa manis dan bagian pangkal lidah peka terhadap rasa pahit. Selain rasa manis dan pahit, lidah juga peka terhadap rasa asin dan asam. Pedas bukan merupakan rasa. Hal ini disebabkan karena pedas merupakan sensasi panas dan terbakar yang dirasakan oleh ujung saraf lidah (papila). Sensasi pedas dapat dirasakan oleh semua bagian lidah. Sensasi pedas timbul akibat adanya senyawa capcaisin yang terdapat pada cabai.undefined
☘️Hikmah yang bisa diambil:
Dengan menghayati kandungan surat An Nahl: 18, anak menjadi memahami bahwa nikmat yang Allah berikan kepada manusia sesungguhnya sangat banyak. Salah satunya adalah nikmat Allah berupa lidah yang membuat kita mampu merasakan nikmatnya rasa makanan. Melalui kegiatan mengecap rasa, anak jadi memahami tentang aneka rasa dan jenisnya, serta bagian bagian lidah yang Allah ciptakan sedemikian rupa sehingga manusia mampu mengecap aneka rasa dan lezatnya makanan.
0 komentar:
Posting Komentar