Selasa, 26 Juli 2016

Tantangan

Dalam bayanganku pajak itu nyeremin, pajak itu ngribeti, pajak itu manipulatif ketika mendadak aku diminta harus ngurusin pajak kantor yang sewaktu itu ditinggal oleh seniorku. Apa iya aku kudu ngambil tantangan buat ngurus pajak. Apa iya aku sanggup. Apa iya aku bisa ngikutin aturan pajak. Dan sederet pertanyaan lainnya yang bisa bikin senewen.

Mikir-mikir. Dirumah mikir. Pas di jalan mikir. Pas makan mikir. Pas mau tidur mikir.. Ih berasa kayak lagu dangdut, mau apa-apa teringat... tapi ini teringat pajak, duhhhh.

Ah, diterima aja.. Jarang-jarang ada perusahaan yang mau-maunya percaya sama karyawan baru seperti aku ini, kayake baru sekitar 3 bulan deh dulu itu. Yawislah, kudu diniati sinau. 

Sinau sih sinau tapi ngrepotinnya itu loh na. Awalnya ngrepotin senior tanya ini itu, pokoke merasa ngrepotin banget dulu itu. Selain itu dimantepke baca-baca web e Dirjen Pajak, ikut gabung di Ortax , baca postingan blog yang pajak, dan lebih mantepnya lagi telp Kring Pajak di 500200 (sekarang 1500200) sama dateng langsung Ke Kantor Pelayanan Pratama (KPP) di bagian helpdesk.

Semakin lama semakin tahu alurnya. Dan sudah semakin terbiasa, penyakit sombong mulai muncul. "Ya gene ming koyo ngene, kok yo biyen iso nganti senewen ning mikirke." 

ehhhh.. Aja sombong to na.. ati-ati.. Lak yo durung ngerti sesuke bakal kepiye.. 

Beneran kejadian.. di setiap bulan ada ada ajaa kasusnya.. beda-beda lagi.. Sangat menguras pikiranku terus menerus.. senewen lagi senewen lagi. Tapi tetep aja dihadepin, bisa kelar trus muncul lagi dan lagi penyakit sombong e.. "Ya gene ming koyo ngene, kok yo wingi iso nganti senewen ning mikirke." 

Sampai akhirnya aku ikut Brevet Pajak AB, kursus pajak yang membahas Kewajiban Perpajakan Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) dan Wajib Pajak Badan yang diadain FEB UGM di bulan Maret-April 2015. 

Dari situlah aku semakin mengenal pajak. Aku semakin tertarik dengan pajak pada akhirnya. Pajak itu sebuah tantangan yang susah ditaklukkan,  tapi rasanya begitu menyenangkan ketika dapat menyelesaikan kendala sesuai prosedur. Menyenangkan ketika mempelajarinya. Bagiku, menggeluti bidang perpajakan harus aktif. Aktif mengupdate info dan peraturan yang terus menerus mengalami perubahan. 

"Seberat-beratnya tantangan yang kita hadapi, cobalah hadapi saja, percayalah pada dirimu. Yakinkan kita bisa melewatinya.. La Takhaf Wa La Tahzan, Innalllaha Ma'ana." 




0 komentar:

Posting Komentar